Angsa Bertelur Emas

Pernah nggak sih kalian mencari orang yang tepat untuk sekedar sharing tentang trading. Bahkan dengan sengaja mencari orang yang bisa trading dengan benar dengan tujuan belajar langsung dari dia. Mulai deh pencarian di mbah google, dengan berbagai keyword. Mencari di group, forum forum dan komunitas di facebook dan instagram. Hingga menemukan orang orang dengan gelar FX di belakang namanya. Terus kalian terkesima dengan screen shootan profit dari mereka yang konon banyak orang memanggilnya suhu atau master trading.

Mulai deh jiwa manusiawinya keluar dan tergoda dengan screen shoot profit yang beseliweran di sosial media, group forum dan komunitas itu. Bahkan tidak sedikit yang akal sehatnya harus mengalah demi sebuah rasa penasaran. Apakah orang yang saya maksud itu kamu ? Iya kamu yang sedang mendengarkan podcast ini. Ndak usah malu, saya dulu juga termasuk golongan itu hahahaha.

Melalui podcast ini saya mengajak kalian untuk mencari tau sapa master sebenar nya di trading itu. Agar kalian kedepanya bisa membedakan mana master yang sejati dan mana master yang kaleng kaleng. Mungkin kalian yang mencoba menjadi master trading bergelar fx dan bangga akan sebutan itu akan tersinggung dengan podcast kali ini.

Dimulai dari apa master trading itu ? apakah orang yang bisa menebak naik turun dengan akurasi trading 100% apakah orang yang bisa menyulap yang tadinya marketnya naik tiba-tiba di sulap menjadi turun. Atau mungkin orang yang trading tidak pernah loss setiap transaksinya. Atau mungkin orang yang sudah memiliki jam terbang minimal 10.000 jam dalam industri ini bisa di sebut master trading. Atau bisa jadi orang orang yang memiliki gelar FX di belakang namanya adalah seorang master trading. Apa mungkin orang yang update status “Belajar trading dengan saya, saya ajari sampai bisa” padahal dalam hati “aku sendiri kadang mumet kalo keseret market” wah jadi banyak nih definisi dari master trading. Mungkin kalian memiliki definisi sendiri tentang master trading.

Bagi saya master trading itu tidak ada. Perlu di garis bawah master trading itu tidak ada. Yang ada hanyalah orang yang memiliki trading system yang profitable yang di jalankan secara disiplin untuk mendapatkan hasil yang konsisten dengan resiko sekecil mungkin. Kata kunci nya adalah trading system.

Trading system itu, ibarat resep rahasia dalam sebuah restoran. Yang harus dijaga kualitasnya, di kembangkan inovasinya, baik dari sisi produk, management hingga hal lain yang mempengaruhi kesuksesan restoran tersebut. Bayangkan kalian ingin membuka bisnis restoran, dan kalian sedang mencari resep terbaik untuk restoran anda. Kalian mencari di komunitas dan group online kalian ditawari banyak sekali resep yang di klaim paling enak, paling profitable dan tiada duanya.

Mari kita berfikir sejenak, jika mereka memiliki resep paling enak, paling laku dan paling profitable. Kenapa mereka tidak membuka restoran sendiri dan menjual saja makanan nya bukan resepnya. Sama halnya di trading. Banyak yang mengaku master trading dengan trading system luar biasa konsisten profitable, kenapa dia tidak menjual portofolio nya kok malah menjual edukasinya yang nota bene adalah system trading nya ? #mikirkeras

Menjual portofolio bisa berupa copy trade atau pamm system yang transparan sehingga orang bisa mengikuti portofolio tersebut. Tapi kalau ada orang yang mengaku master dan jika di tanya portofolio tidak bisa menunjukan perlu waspada.

Trading sysem yang profitable konsisten itu ibarat seperti angsa yang bertelur emas. Dari pada kamu memberikan angsanya, lebih baik kamu memberikan telur nya karena angsa tersebut masih bisa menghasilkan telur telur yang lain. Kamu bisa memberikan portofoliomu, agar di nikmati banyak orang dari pada memberikan trading systemnya.

Mari menjadi trader dan pembelajar yang cerdas agar kita tau mana yang benar dan mana yang salah.

Leave a Reply

%d bloggers like this: