Bagaimana Cara Belajar Trading yang Tepat

Banyak dari kalian belum tau tentang dunia trading, mungkin sebagian ada yang sudah tau dunia trading, atau mungkin ada yang sedang iseng mencari tau tentang dunia trading. Jika informasi yang anda terima salah tentang dunia trading, maka kedepanya stigma negatif akan berkembang di industri ini. Tapi jika kalian mendapat informasi yang tepat tentang industri ini bisa jadi kalian ikut merasakan hasil dari industri ini, bahkan bisa jadi kalian salah satu calon maestro di industri ini. Saya akan membagikan pengalaman saya bagaimana cara belajar trading yang tepat :

1. Belajarlah dari sumber yang tepat

Kalian bisa memulai belajar trading dari BUKU yang sudah resmi di terbitkan, karena dari buku kalian bisa belajar secara runut, jelas siapa penulisnya, siapa penerbitnya. Dan dari buku juga ada tim editor yang akan mengkoreksi isi buku baik dari penulisan kata hingga isi. Jadi buku masih jadi sumber informasi yang bisa di petanggung jawabkan

Selain buku, kalian bisa belajar dari seminar, webinar, yang diselenggarakan. Tentu kalian harus bisa memfilter acara tersebut. Mana yang meng edukasi dan mana yang melakukan promosi. Karena sekarang banyak acara-acara promosi yang melabelkan acara tersebut sebagai acara edukasi. Kalau saya pribadi, lebih baik membayar dengan sejumlah nilai, dari pada ikut gratisan tapi ujung2nya promosi dan tujuan utama untuk belajar tidak tercapai. Sebelum menghadiri suatu acara kalian bisa menanyakan rundown acara sebagai pertimbanan kehadiran anda di acara tersebut.

Ketiga Privat mentor atau group mentoring, saya dulu pernah ikut mentoring yang salah. Saya di ajarkan ilmu yang tidak terbukti berhasil. Dan fatalnya ilmu tersebut saya gunakan terus menerus hingga melekat ke kepala saya, sehingga ketika saya belajar ilmu yang benar sulit untuk menghapus style gaya trading yang lama dan merubah itu perlu waktu. Biasanya privat atau group mentor yang bagus memiliki biaya yang cukup besar. Ada tips yang perlu kalian perhatikan sebelum memilih mentor agar trading berhasil, tanyakan portofolio mentor anda, agar kalian yakin ilmu yang kalian terima sudah terbukti berhasil.

Terakhir dan yang paling saya hindari adalah belajar dari group atau komunitas. Kenapa saya menghindari padahal saya juga membuat group untuk belajar trading. Karena group itu berisi orang banyak, sehingga trading style beda beda tiap orangnya. Untuk pemula yang ingin memulai belajar pasti akan mengalami kesulitan belajar. Di sisilain group juga ada oknum yang masuk dengan tujuan promosi yang mengincar rebate tanpa memikirkan bagaimana baiknya untuk klien. Tapi bukan berarti komunitas atau group itu buruk untuk belajar trading. Group itu baik, jika kalian terjadi floating bisa tukar pikiran, saling menguatkan jika terjadi margincall, dan selingan yang baik di sela sela jam trading kita. Pilihlah group trading yang membawa hal hal positif untuk anda, bahkan kalau bisa untuk akun trading anda hahahaha

2. Belajarlah dengan cara yang tepat

Banyak buku buku bagus, banyak seminar bagus, banyak mentor mentor bagus banyak komunitas komunitas bagus. Tapi itu akan percuma jika kalian tidak bisa menggunakan cara yang tepat untuk belajar. Cara tepat yang saya maksud disini adalah kalian harus aktif dalam belajar, tanyakan sesuatu yang ingin anda ketahui, tanyakan metode, tanyakan bagaimana itu bisa terjadi, tanyakan alasanya. Sehingga kepuasan anda dalam belajar terpenuhi, sehingga kalian tidak bertanya tanya dalam diri sendiri, yang akhirnya pusing pusing sendiri dan mengurungkan untuk belajar trading.

Setelah anda menemukan jawabanya, hal yang terpenting berikutnya coba action. Jika action kita tidak menghasilkan hasil yang optimalkan cari kesalahanya dimana. Jika masih tidak menemukan, kalian bisa tanyakan kembali. Tapi ingat jangan sedikit sedikit tanya hal hal sepele, usaha dulu sendiri, se kreatif mungkin untuk menemukan solusi jika sudah mentok, baru konsultasikan ke teman, ke komunitas atau ke mentor anda

Setelah action jangan lupa untuk membuat jurnal, agar kalian bisa belajar dari record anda sendiri dan mengukur kemajuan dari belajar anda dan lakukan evaluasi dan inovasi agar kalian bisa tetap berkembang.

Leave a Reply

%d bloggers like this: